7 Kebiasaan Yang Bisa Membawamu Ke Masa Depan Yang Dipenuhi Kekayaan

futureKekayaan itu seperti kesehatan tubuh. Dalam rangka membangunnya, anda harus menanamkan semua jenis kebiasaan sehari-hari yang mampu membuat hasil dalam waktu jangka panjang. Ini bukan berarti bahwa teman yang paling sehat yaitu tubuhmu tidak boleh menikmati bir ditambah burger dan kentang goreng sesekali dan beberapa saat.

Hal yang sama juga berlaku didalam keuangan: temanmu yang paling kaya mungkin tidak selalu mendapatkan gelar MBA di Sekolah Bisnis Wharton yang bergengsi, mewarisi uang ataupun bergabung ke dalam staff dari start-up awal sebelum go public dan menghancurkan setiap pasar saham. (Walaupun dalam hal membangun kekayaan, peristiwa kehidupan ini tentu tidak selalu buruk).

Namun, kemungkinannya adalah orang-orang yang dikatakan kaya didalam lingkaran kehidupan anda telah berkomitmen untuk melakukan kebiasaan yang tidak hanya membangun kekayaan, tetapi tumbuh dan melindunginya sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk melakukannya, antara lain:

  1. Mengevaluasi kebiasaan anda

Banyak jenis dari kebiasaan finansial kita yang mendarah daging di masa kanak-kanak. Ini tentu sangat beruntung bagi sebagian dari kita, namun malang bagi banyak orang. Anak yang sama bangun pagi setiap hari saat liburan musim panas untuk menjalankan bisnisnya sendiri seperti memotong rumput yang mungkin menemukan cara yang mudah untuk mengelola peluang kewirausahaan yang menguntungkan dan menjadi orang sukses di kemudian hari. Itu disebabkan poin kebiasaan dari dirinya sendiri.

  1. Berpikir secara kritis

Dalam rangka untuk memecahkan masalah hidup atau mengubah kebiasaan, anda harus terlebih dahulu menjauhkan diri dari masalah dan berpikir secara kritis, tidak reaktif.

Untuk melupakan kebiasaan – seperti membeli tiket lotre senilai US$ 5 setiap hari atau membayar kartu kreditmu di hari yang terakhir – para pakar menyarankan untuk menganalisis struktur kebiasaan ini secara kritis. Apa itu isyarat dan apa itu hadiah? Dalam kasus minuman latte yang mahal dimana dapat menambahkan biaya hingga lebih dari US$ 150 perbulan, isyarat anda mengatakan harus mengalami kelelahan di pagi hari dan hadiah yang baik adalah jiwa yang sehat dan menjauhkan anda dari kafein.

Dengan memahami motivasi dibalik kebiasaan tertentu, anda mungkin dapat melakukan jogging di pagi hari yang akan otomatis membangunkan anda pada waktu yang selalu sama. Saat anda mengalami sesi isyarat, kebiasaan baru anda tidak akan berlomba-lomba untuk pergi ke Starbucks, tetapi akan mengikat tali sepatu anda. Hadiah? Jika anda telah menekuni aktifitas jogging dalam waktu yang lama, maka anda akan terhindari dari cafein.

  1. Kelilingilah diri anda dengan orang-orang cerdas

Setelah melihat sebagian besar realita yang ditayangkan di TV, cara yang dilakukan banyak orang yang berharap untuk menjadi kaya adalah dengan dikelilingi dengan orang-orang kaya. Belum lagi keputusan finansial anda akan mendapatkan keuntungan dengan menerima umpan yang cerdas dan informasi yang perspektif dari undangan mereka.

  1. Menabung dan menabung lebih banyak

Matematikan yang sederhana: Untuk menyimpan uang, anda diharuskan untuk menabung dan berinvestasi lebih banyak dari yang anda belanjakan. Namun, tabungan yang strategi membutuhkan lebih dari sekedar menyimpan sesuatu yang tersisa dari pengeluaran anda. Pakar finansial menyarankan anda untuk memprioritaskan investasi di tujuan finansial anda sebelum membayar semua tagihan dan kemudian menghabiskan sisanya. Sedangkan yang mungkin pembalikan kebiasaan status quo anda, itu berarti bahwa anda tetap pada tujuan. Keuangan anda harus selalu berada di garis depan.

Bahkan dengan menambahkan tabungan dalam jumlah yang kecil, mereka juga akan membuatnya menjadi lebih mungkin dengan berhemat lebih banyak di masa depan. Sekali lagi saya ingatkan, kekuatan dari kebiasaan ini tidak bisa diremehkan.

  1. Tetap sehat

Jangan mengabaikan yang satu ini. Kesehatan tubuh kini semakin dikaitkan dengan tindakan lain dari kesejahteraan – termasuk finansial negaramu – ini tidak mengherankan bahwa beberapa perusahaan bahkan memberikan keuangan yang insentif untuk berlatih dan mencapai tujuan kesehatan lainnya melalui sesuatu yang disebut program kesehatan. Sederhananya, menciptakan kekayaan membutuhkan energi, sementara untuk melaksanakannya tentu menguras energi.

Walau kesehatan emosional mungkin lebih sulit untuk didefinisikan dari kesehatan fisik, namun hal ini tidak kalah penting.

  1. Menyederhanakan harta bendamu

Menyederhanakan hidup tentu terdengar begitu angkuh, jadi bagaimana orang-orang sukses dapat menempatkan hal ini didalam prakteknya? Pertama, jangan membeli sesuatu yang tidak anda perlukan: Disini anda akan menghindari hutang kartu kredit dan stress. Buku Marie Kondo yang terbaru dan terlaris berjudul “The Life Changing Magic of Tidying Up” menjelaskan – mohon bagi segenap pembaca untuk membuang benda yang tidak “memicu sukacita”. Jika ada sesuatu yang tidak diperlukan, tidak membantu atau tidak menginspirasi anda maka hal tersebut dapat menyeret anda ke bawah (mungkin akan dikenakan biaya perawatan dan perbaikan). Buang atau jual. Cukup sederhana sebenarnya.

  1. Mengambil resiko, menatap ke depan’

Orang kaya akan memberitahu anda sekaligus mengarahkan anda ke tujuan yang harus anda tuju, daripada mencoba untuk menghindari masalah. Hal yang sama juga berlaku apabila anda ingin hidup makmur: Mengorientasikan dirimu terhadap peluang daripada fokus pada mengendalikan kerugian.

  • Bonus: Bangun pagi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bangun pagi tidak hanya lebih produktif, tetapi juga lebih proaktif.