Pertarungan Antara Dua Game Konsol Terbaru, PlayStation 4 dan Xbox One. Mana Pilihan Anda?

Sejak 1966, video game telah menjadi salah satu mainan favorit anak-anak di seluruh dunia. Hingga sekarang, kepopuleran mainan inipun terus berkembang dan tak pernah surut. Bahkan, di tengah kemudahan mengakses video game pada ponsel dan komputer, game konsol pun tetap memiliki penggemar setianya. Hal ini dibuktikan dengan terus dirilisnya game konsol terbaru oleh pembesutnya Angka penjualannya pun tak tanggung-tanggung, bahkan bisa bisa bersaing dengan angka penjualan perangkat elektronik lain.

 border=

Dari beberapa game konsol terbaru yang telah dirilis, dua di antaranya yang dirasa paling mendominasi pasar adalah PlayStation 4 besutan raksasa elektronik asal Jepang, Sony, dan Xbox One besutan perusahaan pengembang software populer asal Amerika, Microsoft.

Kedua produk ini tak hanya menghadirkan permainan yang menarik, tetapi juga menawarkan berbagai fitur-fitur canggih yang sangat membantu. Lalu, seperti apa fitur-fitur canggih yang dibawa dan apa saja kegunaannya? Ulasan berikut akan membahas sedikit banyak tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, sehingga bisa memberikan gambaran mengenai game konsol mana yang sebaiknya Anda pilih.

– Spesifikasi Sony’s PlayStation 4

PlayStation 4 merupakan game konsol terbaru besutan Sony ComputerEntertainment. Konsol ini dibuat sebagai suksesor dari Sony PlayStation 3, dan diumumkan kepada publik di sebuah konferensi pers tanggal 20 Februari tahun 2013. Selanjutnya, perangkat ini dirilis pada tanggal 15 November tahun 2013 di Amerika Utara, 29 November tahun2013 di Australia dan Eropa, dan pada 9 Februari 2013 di Indonesia. Tak butuh waktu lama bagi perangkat ini untuk diterima para gamers dan mencetak angka penjualan tinggi dalam waktu yang relative singkat.

Diawali dari segi desain, PlayStation 4 (PS4) terlihat memiliki desain yang cukup ramping dan elegan dengan dimensi 275 x 53 x 305 mm. Perpaduan body yang kompak dan desain yang simpel menghasilkan kesan mewah dan modern pada perangkat ini. selain itu, seperti seri sebelumnya, perangkat ini juga dilengkapi dengan kontroler. Kontroler yang dihadirkan di sini masih terlihat sama seperti kontroler pada seri sebelumnya.

Akan tetapi sebenarnya terdapat beberapa perbedaan yaitu dengan adanya tombol share dan touchpad. Tombol share digunakan untuk memaksimalkan fungsi sosial seperti menyimpan screenshot, merekam tiap sesi permainan, membuat siaran langsung dari permainan, dan lain-lain untuk kemudian dibagikan lewat berbagai media sosial. Kemudian, tombol touchpad bisa digunakan untuk menambah variasi bermain game sekaligus memperluas peluang bagi developer untuk mengembangkan game yang memaksimalkan fungsi touchpad.

Kesungguhan Sony dalam menggarap game konsol terbaru ini juga terlihat dari segi spesifikasi. Perangkat ini mengusung prosesor utama Chip CPU Single x84-64 dari jenis Jaguar 8 inti, 1.84 TFLOPS, dan GPU. Kemudian, graphic engine yang digunakan adalah Next Generation of AMD Rhodeon™. Selain itu, konsol ini diperkuat dengan kapasitas penyimpanan 8GB, Built-in Hard Disk Drive, Ethernet, dan Bluetooth.

Beberapa fitur manarik pun turut disematkan. Sebut saja Remote Play, sebuah fitur yang memungkinkan PlayStation Vita untuk dijadikan sebagai kontroler dari Playstation 4. Ada juga tambahan fitur Playstation Camera yang notabene merupakan pengembangan fitur Eye Toy. Fitur memiliki fungsi untuk menangkap gerakan serta mengenali wajah dan suara. Fitur ini sangat mirip dengan Kinect, yang terdapat pada game konsol terbaru besutan Microsoft, X box. Dan juga fitur-fitur lain yang tak kalah menarik.

– Spesifikasi Microsoft’s Xbox One

Beralih ke Xbox One, perangkat ini merupakan sebuah game konsol terbaru yang dibesut oleh Microsoft. Sejatinya, perangkat ini adalah suksesor dari Xbox 360. Pengumuman akan produk ini dilakukan oleh Micrsoft pada tanggal 21 Mei tahun 2013, hanya selang beberapa bulan setelah pengumuman PS4.

Kemudian dirilis untuk pasar beberapa pasar Eropa, Amerika Utara, Australia, dan New Zeland pada tanggal 22 November tahun 2013. Diteruskan pada bulan September di tahun yang sama untuk beberapa pasar di Eropa dan Timur Tengah. Sebagai konsol ketiga dari keluarga Xbox, perangkat ini dibekali dengan berbagai fitur yang canggih yang siap memberi Anda pengalaman baru dalam bermain video game. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Sama seperti Sony, Microsoft juga membekali konsol game besutannya dengan desain menawan yang terkesan kokoh dan padat. Bagian body dilapisi dengan teknik finishing yang setengah licin dan glossy, menambah kesan mewah pada konsol ini.

Dimensi yang dimilikinya adalah 330 x 274 x 790 mm, lebih besar dari PS4. Sedangkan untuk kontroler masih terkesan sama dengan yang dimiliki oleh pendahulunya dari segi desain dan fungsionalitas. Akan tetapi, satu hal yang disayangkan dari kontroler yang dijuluki Xbox Elite Controller With Wireless ini adalah harganya yang cukup mahal, yakni sekitar 2 juta rupiah.

Masuk ke spesifikasi, game konsol terbaru ini dibekali dengan RAM DDR38 sebesar GB, prosesor x86 delapan inti, hard drive berkapasitas 500 GB, 3 buah port USB, Blu-ray drive, Port HDMI, dan kaartu grafis buatan AMD. Sedangkan OS yang diusungnya merupakan gabungan antar OS Windows dan Xbox. Dengan spesifikasi tersebut, sudah dijamin bahwa bermain game di Xbox One akan sangat lancar, menyenangkan, dan memiliki kualitas grafis yang mumpuni.

Dari segi fitur, game konsol terbaru Microsoft ini tak dapat diragukan lagi. Yang paling menarik yaitu adanya fitur yang disebut Kinnect. Fitur ini memiliki sensor berkekuatan Full HD dengan 30fps. Sensor ini memiliki kemampuan untuk membaca gerakan tubuh, mengenali suara dan wajah, sekaligus mengukur detak jantung saat bermain game. Selain itu, perangkat ini juga bisa digunakan untuk menonton TV, memutar film, melakukan streaming dari konsol ke PC, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Kesimpulan

Dari segi performa, desain dan spesifikasi, kedua perangkat ini hampir bisa dikatakan memiliki kualitas yang tak jauh berbeda. Selanjutnya, dari segi Backward Compability, Sony sepertinya agak tertinggal dari Xbox One. Game-game di Xbox 360 langsung bisa dimainkan di Xbox One, sedangkan untuk PS4, Sony menawarkan ketersediaan game PS1, PS2, dan PS3 untuk dimainkan pada PS4 melalui fitur Playstation Now.

Sedangkan untuk harga kedua konsol memiliki selisih yang cukup jauh. PS4 dibanderol muali dari 4 hingga 6 jutaan, sedangkan Xbox One dibanderol antara 7 sampai 8 juta rupiah. Akhirnya pilihan ada di tangan Anda, terlepas dari game konsol terbaru mana yang akan Anda pilih, semua harus disesuaikan dengan selera dan kantong masing-masing.